[Memorable Character] Ruby Sparks

12:22 AM

Mengapa Zoe Kazan? Tanya gue waktu itu. Paul Dano (yang pertama kali gue kenal lewat Little Miss Sunshine) tiba-tiba mendapati karakter wanita yang ditulisnya berubah menjadi nyata. Dia menamai wanita itu Ruby Sparks. Sosok wanita yang selama ini ia impikan. Tidak sempurna, tapi cantik, pintar, baik, dan bisa memasak. Tetapi mengapa bukan Zooey Deschanel? atau Natalie Portman? atau Rachel McAdams yang memerankan tokoh Roby Sparks tersebut? Jika duduk di bagian casting-nya, gue jelas akan memilih Michele Williams (yang menurut gue berakting sangat keren di Blue Valentine). Kenapa peran yang berpotensi menjadi sangat menarik harus diberikan kepada aktris yang belum begitu teruji?

Usut punya usut, selain menjadi pemeran Ruby, Zoe Kazan ternyata juga merangkap sebagai penulis naskah filmnya. Gue jadi bisa maklum. Karena dia adalah orang dibalik sosok Ruby, mungkin dia juga yang bisa memerankan tokoh tersebut dengan semestinya. Gue pun memutuskan untuk tetap menonton  film tersebut.

Tokoh Ruby pada awalnya ditampilkan dengan biasa saja. Gaya berpakaiannya sederhana. Cara bicaranya normal seperti orang kebanyakan. Sehari-harinya Ruby berprofesi sebagai pelukis. Kecintaan gue pada tokoh ini bermula ketika dia pertama kali berdiskusi dengan Calvin (Paul Dano) seorang penulis yang menciptakan tokoh Ruby (dalam filmnya). Dengan pembawaan yang tenang (seperti Michele Williams di Blue Valentine) kata-kata yang keluar dari Ruby justru terasa cerdas tapi tidak menggurui. Keluar dengan spontan dan menimbulkan kesan ‘wah, dia bukan cewek biasa’. Lalu semakin panjang durasi film bergulir, tokoh Ruby juga menjadi semakin Lovable. Selain melukis, dia juga suka membuat kue, suka dengan binatang, sayang dengan keluarga, dan (kadang-kadang) suka bersikap manja. Dulu gue sempat kepikiran juga kalau karakter-karakter cewek dalam film itu harus bersikap – cenderung – aneh agar bisa memorable (contohnya Ellen Page di Juno, atau Tora Birch di Ghost World). Tapi begitu melihat tokoh Ruby, pemikiran itu jadi tidak seratus persen valid. Bukan lagi soal se-aneh apa peran yang dimainkan, tetapi se-total apa peran tersebut dimainkan. Dalam hal ini, gue merasa Zoe Kazan memberikan penampilan yang sangat pas sebagai Ruby Sparks. Membuatnya tetap menarik tanpa harus memaksanya menjadi sosok yang super-pintar atau super-freak. Berkatnya, Ruby Sparks tidak hanya tampil sebagai sosok yang lovable, tapi juga masuk akal. 




You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook